Apa Itu HDR Pada Kamera Ponsel?

Kebanyakan kamera smartphone saat ini sudah memiliki fitur HDR. Kemungkinan besar orang akan berpikir dengan mengaktifkan fitur tersebut, gambar yang dihasilkan kamera akan menjadi lebih bagus. Tapi kenyataannya tidak selalu seperti itu, terkadang gambar yang dihasilkan malah menjadi lebih buruk. Lalu apa sebenarnya fungsi dari fitur HDR di kamera smartphone?

Apa Itu HDR?

HDR adalah kepanjangan dari High Dynamic Range yang sebenarnya merupakan teknik pemrosesan foto yang sudah ada sejak lama sebelum disematkan di dalam kamera ponsel. Baru pada waktu akhir-akhir ini fitur HDR hadir di dalam smartphone seperti iPhone, Android, dll baik aplikasi bawaan atau dengan bantuan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Sebenarnya fitur HDR bertujuan untuk meningkatkan gambar hasil jepretan kamera, tetapi apabila kita tidak tau kapan menggunakannya justru akan memperburuk hasil jepretan. Silahkan baca terus

Bagaimana HDR Bekerja?

Seperti namanya, HDR memberikan efek lebih dinamis pada gambar yang dihasilkan oleh kamera. Hal ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan rasio kecerahan gambar dari bermacam-macam setelan. Secara teknik, kamera mengambil beberapa gambar dengan sudut pandang persis sama tetapi dengan exposure yang sama sekali berbeda. Kemudian, semua gambar tersebut diproses menggunakan software editeing foto semisal Adobe Photoshop untuk mendapatkan komposisi gambar yang diinginkan.

Berikut contoh 4 gambar “mentah” dengan exposure berbeda (gambar merupakan properti dari Wikipedia) :

High Dynamic Range

hdr-2

hdr-3

hdr-4

Dan di bawah ini adalah hasil akhir setelah proses editing :

hdr-final

Bagaimana? Jadi hasil akhir yang diinginkan tergantung dari komposisi yang diberikan oleh editor gambar. Tetapi untuk fitur HDR pada kamera ponsel, semua sudah dilakukan oleh software kamera yang komposisinya sudah ditentukan oleh pabrikan. Jadi kita sebagai pengguna hanya tinggal menggunakan dan menikmati hasilnya.

Lalu, kenapa terkadang hasil jepretan menggunakan fitur HDR aktif justru lebih buruk? Kapan sebaiknya kita menggunakan fitur HDR dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakannya? Nanti saya akan buat tulisan tentang itu, kali ini sekian dulu deh

Semoga bermanfaat