Belajar Drum di mikeslessons.com

Akhirnya keturutan juga punya guru drum, setelah dari kemaren bingung pengen les drum tapi ga nemu tempatnya. Berawal dari hanya melihat permainan-permainan drummer dunia di Youtube, akhirnya wawasan saya tentang drum sedikit demi sedikit semakin bertambah. Dulunya saya hanya pengen bisa main drum yang penting double pedal, yang penting cepat, yang penting keren, dsb dsb Ternyata di balik permainan seperti itu lebih banyak lagi teori cara bermain drum yang saya sebelumnya sama sekali ga ngerti. Dulu, mana tau saya dengan yang namanya metric modulation, linear drumming, polyrhythm, suffles, etc etc. Sekarang setidaknya sudah sedikit ngerti walaupun prakteknya masih nol, hehehe

Masih ingat banget saya pertama kali nemu tutorial drum di Youtube adalah dari channel drumlessons.com, yang notabene satu produksi dengan freedrumlessons.com dan drumeo. Banyak sekali video saya download dari situ. Setelah itu saya banyak nemu video tutorial lain dari channel lain, termasuk juga video drum yang sebelumnya saya sama sekali ga ngerti. Dari yang dulunya saya cuma kenal Tony Royster Jr., saya jadi kenal dengan Adam Tuminaro, Juan Mendoza, Stixx, Terry Bozzio, Dennis Chamber, Dave Atkinson, Cobus dan banyak lagi drummer lain termasuk Mike Johnston.

Awal pertama lihat video Mike Johnston saya biasa saja, malah cenderung bingung melihat permainannya. Lalu pada suatu saat di video tutorial dia tentang salah satu linear drum fill di bukunya, secara “kecelakaan” saya jadi beli bukunya, hehehe. Abis beli, baca, malah jadi bingung, berasa menyesal soalnya kayaknya simple banget isinya. Tapi ya udahlah, toh udah terlanjur beli. Suatu saat saya browsing di Youtube nemu lagi video klinik Mike Johnston secara ga sengaja. Nah, di video inilah saya terkagum-kagum melihat caranya mengajar dan bagaimana menyampaikan klinik ke audiens.

Akhirnya, saya tengok websitenya di http://www.mikeslessons.com dan melihat isinya. Loh, kok video lessonnya sedikit banget saya pikir. Tapi disitu ditawarkan juga live lesson dengan banyak kelebihan lainnya. Cari lagi reviewnya di google soal live lesson di mikeslessons.com, ga banyak malah, tetapi justru review yang sedikit tersebut isinya sangat berisi. Tidak ada review-review “spam” hasil kontes SEO atau lainnya, semua review berasal dari murid Mike Johnston! Dan akhirnya beberapa hari kemarin saya mencoba berlangganan live lesson seharga $19.99 per bulan, saya pikir standar untuk ukuran les drum. Di Jakarta aja sekali temu 50 ribu, 4x udah 200 ribu, sama saja. Malah di mikeslessons.com §19.99 dapat 12 lessons dari lever beginner, intermediate sampai advanced!

Sukses daftar, saya download beberapa arsip video live lesson sebelumnya, karena kemaren memang belum ada jadwal live lesson. Dan apa yang saya dapat? WOW! Itu kesan pertama saya melihat live lesson dari mikeslessons.com, interaktif dan tentu saja isinya sangat berbobot! Lebih dari sekedar video lessons gratisan tentunya. Tadi malam jam 2, saya mengikuti live lessons pertama saya. Walaupun terganggu sama jaringan lelet di awal (Indonesia bos :D), tapi saya akhirnya mengikuti live lesson sampai selesai kurang lebih jam 3. Hasilnya? Bagus, materi yang sangat bagus. Terlebih lagi saya disambut disitu karena saya member baru, “Welcome to family” kata Mike Johnston lalu saya diberi hadiah sambutan Afro Cuban Groove. Padahal saya juga ga ngerti apa itu Afro Cuban, hahaha

Overall, untuk saat ini mikeslessons.com sangat WORTH IT!!!

Catatan : untuk biografi singkat Mike Johnston, silahkan cek disini.